Pengertian Decomposer

Decomposer adalah makhluk hidup yang berfungsi untuk menguraikan makhluk hidup yang telah mati, sehingga materi yang diuraikan dapat diserap oleh tumbuhan yang hidup disekitar daerah tersebut. Beberapa jenis cacing tanah antara lain: 


Pheretima, Periony dan Lumbricus. Ketiga jenis cacing tanah ini menyukai bahan organik yang berasal dari pupuk kandang dan sisa-sisa tumbuhan. Cacing memiliki banyak kegunaan antara lain: membantu menghancurkan bahan organic yang dapat mempengaruhi kesuburan suatu tanah, Bahan Pakan Ternak, Bahan Baku Obat dan bahan ramuan untuk penyembuhan penyakit, Bahan Baku Kosmetik dan bahan baku makanan untuk beberapa jenis cacing yang dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi manusia

Contoh Dekomposer di Gurun
Di daerah gurun sulit bagi banyak pengurai untuk tetap hidup karena mereka menyukai daerah lembab. Salah satunya pengurai di Gurun adalah bakteri karena mereka begitu kecil dan dapat hidup di udara. Beberapa pengurai lainnya di gurun adalah kumbang, cacing tanah dan kaki seribu.

Contoh Dekomposer di Air
Tidak banyak jenis pengurai di dalam air. Sebagian besar jenis pengurai dalam air adalah dari jenis bakteri. Ada juga pemulung seperti udang air tawar, kerang, kepiting, lobster dan cacing. Ikan memakan hewan dan tumbuhan yang mati di dalam air.

Contoh Dekomposer di Hutan
Di hutan terdapat banyak pengurai yang berbeda seperti siput, keong, cacing tanah, bakteri dan jamur. Setiap kali organisme yang mati di hutan dekomposer yang menguraikan bahan mati dalam rangka memberikan nutrisi bagi tanah.

Contoh Dekomposer di Kutub

Serupa dengan gurun, kutub adalah tempat yang sangat sulit untuk hidup bagi dekomposer karena iklim. Meskipun sebagian pengurai tidak bisa hidup di Kutub, bakteri adalah salah satu yang dapat tinggal di sana karena bisa hidup di mana saja. Gagak Kutub adalah pemulung di Kutub. Mereka makan bangkai yang merupakan bagian dari hewan mati.

Loading...