Pengertian Proses Pembelajaran Menurut Beberapa Ahli

1. Wiersma dan Jurs berpendapat bahwa evaluasi adalah suatu proses yang mencakup pengukuran dan mungkin juga testing, yang juga berisi pengambilan keputusan tentang nilai.

2. Menurut Norman E. Grounloud; evaluasi dalah suatu proses yang sistematik dan berkesinambungan untuk mengetahui efisien kegiatan belajar mengajar dan efektifitas dari pencapaian tujuan instruksi yang telah ditetapkan.

3. Arikuntomenyatakan bahwa evaluasi merupakan kegiatan mengukur dan menilai. Evaluasi adalah proses atau kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui hasil dari suatu pembelajaran.
4. Demikian juga dengan Michael Scriven (1969) menyatakan Evaluation is an observed value compared to some standard.

5. Menurut Edwin Wond dan Gerold W. Brown; evaluasi pendidikan atau proses untuk menentukan nilai dari segala sesuatu yang berkenaan dengan pendidikan. Evaluasi adalah proses pengukuran dan penilaian untuk mengetahui hasil belajar yang telah dicapai seseorang.

6. Ralph W. Tyler, yang dikutif oleh Brinkerhoff dkk. Mendefinisikan evaluasi sedikit berbeda. Ia menyatakan bahwa evaluation as the process of determining to what extent the educational objectives are actually being realized. Sementara Daniel Stufflebeam (1971) yang dikutip oleh Nana Syaodih S., menyatakan bahwa evaluation is the process of delinating, obtaining and providing useful information for judging decision alternatif.

Beberapa prinsip yang perlu diterapkan diterapkan dalam membuat persiapan mengajar :
Memahami tujuan pendidikan.
Menguasai bahan ajar.
Memahami teori-teori pendidikan selain teori pengajaran.
Memahami prinsip-prinsip mengajar.
Memahami metode-metode mengajar.
Memahami teori-teori belajar.
Memahami beberapa model pengajaran yang penting.
Memahami prinsip-prinsi evaluasi.

Memahami langkah-langkah membuat lesson plan.

Loading...