Pengertian Mengajar

a. Arifin mendefinisikan bahwa mengajar adalah Suatu rangkaian kegiatan penyampaian bahan pelajaran kepada murid agar dapat menerima,menanggapi, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu.

b. Tyson dan Caroll mengemukakan bahwa mengajar ialah: a way working withstudents ... A process of interaction . the teacher does something to student, the students do something in return. Dari definisi itu tergambar bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara siswa dan guru yang sama-sama aktif melakukan kegiatan.

c. Nasution berpendapat bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak, sehingga terjadi proses belajar.

d. Tardif mendefinisikan, mengajar adalah : any action performed by anindividual (the teacher) with the intention of facilitating learning in another individual (the learner), yang berarti mengajar adalah perbuatan yang dilakukan seseorang (dalam hal ini pendidik) dengan tujuan membantu atau memudahkan orang lain (dalam hal ini peserta didik) melakukan kegiatan belajar.
loading...