Pengertian Negara Berkembang Menurut Ahli

A. Menurut Maluyu S.P. Hasibuan

Negara berkembang adalah suatu negara yang struktur ekonominya belum berkembang sebagaimana yang di harapkan. Negara berkembang belum mampu memanfaatkan semua faktor produksi yang di miliki untuk meningkatkan kemakmuran penduduknya sehingga tetap dalam kemiskinan dan kemelaratan.

B. Menurut Ragnar Nurkse, Negara berkembang adalah suatu negara yang sedang membangun jika dibandingkan dengan negara-negara yang ekonominya yang lebih maju. Negara yang demikian memiliki sedikit modal di bandingkan dengan jumlah penduduk dan sumber-sumber alamiahnya.

C. Menurut Harvey Leibenstein, negara berkembang adalah suatu negara yang sumber-sumber ekonomi,penduduk,teknologi, dan sebagainya dapat berubah tetapi pendapatan per kapitanya agak stabil.

D. Menurut Simon Kuznets, Negara berkembang adalah ketidakmampuan suatu negara untuk menyediakan tingkat kehidupan yang layak bagi sebagian besar penduduknya sehingga menimbulkan kemiskinan dan kemelaratan.

E. Jean Bodin
Negara Adalah suatu persekutuan dari keluarga-keluarga dengan kepentingan yang dipimpin oleh akal dari suatu kekuasaan.
 
F. Hugo de Groot ( Grotius )
Negara adalah merupakan ikatan-ikatan manusia insaf akan arti dan panggilan kodrat.

G. Meriam Budiarjo
Negara adalah suatu teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat yang berhasil menuntut warganya untuk taat kepada peraturan perundang-undang melalui penguasaan menmopolistis dari kekuasaan yang sah.

H. Prof. Dr. J.H.A Logeman
Negara adalah organisasi masyarakat (ikatan kerja) yang mempunyai suatu tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

I. Roger H. Soltau
Negara merupakan alat ataupun wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.
loading...