Pengertian Cleaning Service: Pengertian, Tugas dan Macam Jasanya

Cleaning service adalah jasa layanan kebersihan yang diberikan oleh perusahaan kepada perusahaan, hunian, maupun bangunan lainnya. Tidak hanya melayani untuk perkantoran, kebanyakan perusahaan cleaning service juga melayani jasa cleaning service rumah.

Anda pasti lebih senang tinggal atau bekerja di tempat yang bersih, bukan? Tidak bisa dimungkiri, lingkungan yang bersih, harum, dan rapi memang dapat meningkatkan produktivitas dan suasana hati. Karena itulah, peran jasa cleaning service pun sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Tapi, apakah Anda tahu jika ada berbagai macam jenis cleaning service? Lalu, apakah dibutuhkan keterampilan tertentu untuk menjadi seorang cleaning service? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.


Apa Itu Cleaning Service?

Cleaning service adalah layanan tenaga kebersihan profesional yang disediakan oleh perusahaan atau agen untuk membersihkan dan merawat tempat atau bangunan tertentu. Bedanya dengan office boy (OB), cleaning service merupakan jasa pembersihan di kantor atau rumah, sedangkan office boy melayani para pegawai untuk efisiensi pekerjaan mereka.


Skill yang Dibutuhkan Cleaning Service

Meski pekerjaannya tampak mudah, nyatanya menjadi petugas cleaning service membutuhkan keterampilan dan skill khusus. Seorang cleaning service harus teliti, tekun, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu bekerja dalam tim, dan ramah. Selain itu, mereka juga harus paham dengan teknik pembersihan dan tata tertib pekerja cleaning service.

Beda tempat, beda pula keterampilan yang dibutuhkan dan prosedur kerjanya. Misalnya, cleaning service di pabrik kimia tentu harus paham mana bahan yang aman dan berbahaya. Mereka juga harus paham bagaimana cara membersihkan area tertentu dengan aman. Karena itu, selalu diadakan pelatihan keterampilan bagian cleaning service sebelum mulai bertugas.


Tugas dan Kewajiban Cleaning Service

Pekerja cleaning service, atau seding disebut petugas kebersihan, memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan rumah, gedung perkantoran, gedung pabrik, apartemen, dan ruang lainnya yang ditentukan.

Cakupan area dan benda yang dibersihkan ditentukan dan disepakati terlebih dulu oleh penyedia jasa cleaning service dan penerima jasa. Umumnya, pembersihan umum yang dilakukan yaitu, ruang kerja kantor, kamar mandi, lantai, meja, jendela, karpet, hingga perabot dapur.

Lalu, apa saja pekerjaan seorang cleaning service? Berikut penjelasannya.


1. Membersihkan Lantai

Ini adalah tugas utama cleaning service yang dilakukan sehari-hari. Membersihkan lantai mencakup menyapu dan mengepel. Selain menggunakan sapu, pada area tertentu yang sulit dijangkau dan karpet bisa dibersihkan menggunakan vakuum. Setelah itu, lantai dipel dengan cairan pembersih yang wangi.


2. Membersihkan Kamar Mandi

Tugas ini mencakup menggosok lantai dan toilet dengan antiseptik, mengisi ulang handsoap dan tisu, memastikan pewangi ruangan tersedia, mengelap cermin dan wastafel.

Membersihkan toilet atau kamar mandi sudah menjadi bagian dari tugas utama cleaning service. Kebersihan toilet harus dijaga karena wilayah ini sumber penyebaran penyakit. 


3. Membersihkan Kaca

Sementara itu, pembersihan kaca biasanya dilakukan secara rutin seminggu sekali. Kaca perlu dilap menggunakan cairan antiseptik supaya tetap jernih dan bebas kuman. Selain kaca utama gedung, kaca penyekat interior juga turut dibersihkan.


4. Pemeliharaan Perlengkapan Kantor

Cleaning service juga bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian seluruh atribut dan aksesoris kantor. Mulai dari meja, kursi, sofa, laci, hingga area mesin fotocopy perlu dilap secara rutin.


5. Membersihkan Sampah dan Membuangnya ke TPA

Petugas cleaning service harus memastikan setiap ruangan bersih dan bebas sampah. Baik di meja karyawan, kolong-kolong kursi, sudut pantry, hingga toilet. Begitupun dengan kebersihan area lingkungan luar.

Sampah-sampah apa pun yang ada di ruangan dan luar gedung dikumpulkan dan dibuang ke TPA, supaya sampah tidak menumpuk di gedung. Dengan begitu, karyawan akan merasa nyaman.


Macam-macam Jasa Cleaning Service

Ada berbagai macam jasa cleaning service yang ditawarkan oleh perusahaan cleaning service, di antaranya:


1. General Cleaning: bertugas membersihkan area umum, seperti lantai, kamar mandi, dan area umum lainnya.

2. Window Cleaning: bertugas membersihkan seluruh jendela, dinding maupun pintu kaca di gedung atau rumah.

3. Industrial Cleaning: khusus bertugas membersihkan lingkungan pabrik atau industri.

4. Medical Cleaning: khusus bertugas membersihkan peralatan dan itas medis yang ada di rumah sakit, klinik, maupun laboratorium.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, tugas, dan macam-macam cleaning service. Anda dapat bekerja sama dengan PT Indonesia Bersih Rapi apabila membutuhkan jasa cleaning service profesional dan amanah.