Kerajinan Miniatur: Sarana Terbaik untuk Eratkan Hubungan Bisnis

Kerajinan miniatur adalah bentuk kerajinan tiga dimensi yang umumnya dibuat berdasarkan suatu objek dengan ukuran yang lebih besar. Dengan nilai estetikanya, miniatur pun kerap dijadikan sebagai aksesori untuk penghias ruangan. Di samping itu, miniatur pun menjadi pilihan cendera mata perusahaan. Hal ini karena miniatur dianggap lebih representatif untuk menyampaikan jati diri dan pesan mendalam kepada relasi.



Kerajinan Miniatur sebagai Cendera Mata

Sebagai cendera mata, kerajinan miniatur kerap dijadikan sebagai kenang-kenangan perusahaan. Dengan memberikan miniatur ini, acara perusahaan tentu akan terasa berkesan. Biasanya, miniatur dapat dihadirkan dalam kunjungan bisnis sehingga momen tersebut terasa lebih berkesan. Di sisi lain, miniatur pun dapat menyimbolkan suatu penghargaan yang diberikan kepada relasi. Bahkan, miniatur dapat menjadi bentuk ungkapan rasa terima kasih ketika terjadi penandatanganan kerja sama bisnis. Hal ini akan memperkuat hubungan bisnis.

Dalam pembuatannya, tentu perusahaan akan mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari bahan hingga desain. Untuk kebutuhan cendera mata perusahaan, miniatur biasanya dibuat dari bahan logam kuningan. Miniatur menjadi terasa berkesan dan elegan karena dari bahan logam. Kemudian, desainnya pun dapat disesuaikan dengan bidang bisnis yang digeluti sehingga lebih representatif sebagai cendera mata.


- Miniatur gedung: Gedung perusahaan menjadi inspirasi terbaik untuk membuat kerajinan miniatur. Miniatur gedung terasa lebih otentik sebagai souvenir perusahaan karena dianggap paling relevan. Kerajinan seperti ini dapat merepresentasikan ciri khas perusahaan melalui arsitektur bangunannya.


- Miniatur rumah adat: Sebagai negara multikultural, Indonesia sangat kaya dengan budaya. Hal ini dibuktikkan dengan banyaknya rumah adat. Hampir di setiap daerah terdapat rumah adat. Tidak heran muncul juga miniatur rumah adat yang menjadi salah satu souvenir sekaligus upaya pelestarian budaya.


- Miniatur kendaraan: Operasional perusahaan pun tidak bisa dilepaskan dari suatu kendaraan, misalnya, untuk ada yang memanfaatkan truk untuk alat pengangkutan. Tak ayal, miniatur kendaraan pun muncul sebagai pilihan souvenir yang berkelas. Sebagai contoh, miniatur truk hingga miniatur kapal.


Miniatur pun dapat didesain secara custom sehingga lebih sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Maka dari itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih ciri khas perusahaan yang hendak ditonjolkan dalam souvenir. Kemudian, sampaikan kebutuhan souvenir kepada KerajinanMiniatur, pusat pembuatan miniatur yang berkelas.